Kamis, 08 September 2011

Tentang Pemakaian Diaper

Masih tentang perawatan bayi,,,
Bunda yang baru pengalaman pertama merawat bayi,terkadang saat ingin memakaikan diaper suka ada yang komplain.
Seperti saya contohnya,
Supaya lebih bersih dan sehat, saya memilih untuk menggunakan Diaper sekali pakai saat anak saya baru lahir, alasannya, bukannya saya malas bangun untuk ganti popok, tapi anak saya itu diam dan gak nangis walaupun popoknya basah, jadikan kasihan, saya nggak tau, eh malah sampai pagi dia tidur dg popok basah. Habis saya susah dibangunin si kalo tidur.hehehe
Tapi ada aja komplain dari saudara-saudara yang sangat menyayangi anak saya,
Ada bilang,
nanti jadi jalannya jadi ngangkang karena selangkangan keganjal terus,ntar selangkangannya jadi hitam karena kegesek-gesek diaper terus, ntar jadi bodo lho soalnya kalo pipis langsung ditampung gitu jadi dia gak bisa bedain antara pipis atau enggak, ntar alat kelaminnya jadi lecet karna kena bahan kasar terus, karna ada bahan kimianya pasti jadi gak sehat dan aman buat bayi.
Nah, ini adalah jawaban menurut pengalaman saya selama 10 bulan merawat anak saya memakai popok sekali pakai.

Jalannya jadi ngangkang
Menurut saya, yang namanya bayi baru lahir sampai usia berjalan pasti posisi kakinya memang melengkung (O) saat tidur. Jadi pemakaian pospak tidak akan mempengaruhi bentuk kakinya. Pakai atau tidak, posisi kaki bayi memang seperti itu bentuknya.
Mungkin akan berbeda jika sampai usia 5 tahun bayi tetap pakai pospak, karena setelah bisa berjalan, otomatis dia merasa ada ganjalan ketika memakai pospak dan mempengaruhi jalannya. Tapi menurut saya, penggunaan popok sekali pakai itu kan paling hanya sampai saat bayi bisa berkomunikasi dan bicara keinginannya, artinya, kita nggak memakaikan pospak selama lima tahun kan(kecuali kalau malam hari bila anak ngompol)?.
Nah, Bayi usia lebih dari setahun kan pasti dah bisa berkomunikasi apakah dia mau pipis atau enggak, dan kalo bayi sudah bisa mengutarakan keinginan pipisnya, pasti nggak akan kejadian ngompol dan pemakaian pospak itu sudah bisa dihentikan.
jadi menurut saya, tidak akan mempengaruhi postur kaki bayi.
Anak saya juga sejak lahir pakai pospak, sekarang dia sedang belajar berjalan, dan jalannya juga nggak ngangkang tuh. biasa saja.

Selangkangan jadi hitam
Penyebab selangkangan hitam pada orang dewasa memang banyak disebabkan karena pemakaian jeans ketat dan tidak ada sirkulasi udara, tapi pemakaian diaper itu kan tidak ketat dan pospak telah dirancang sedemikian rupa untuk nyaman digunakan bayi agar kulit bayi bisa bernafas. Jadi gak akan deh kejadian selangkangan bayi menghitam.
Selama 10 bulan saya pakaikan pospak, kulit selangkangannya juga biasa saja, tidak terlihat menghitam atau lecet, paling kalo kesempitan, ada bekasnya sedikit.

Anak jadi bodo
ah, yang ini lagi..... manusia itu sudah diberi kecerdasan dan kepintarannya masing-masing. Pemakaian pospak tidak akan membuat bayi bodoh karena tidak bisa membedakan antara pipis atau tidak. Yang namanya bayi, belum bisa berpikir seperti kita orang dewasa, pengin pipis ya pipis, gak tau dimanapun juga yang namanya bayi tetep sama. Tapi seiring perjalanan waktu yang namanya bayi juga mengalami proses belajar. palagi kalo orang tuanya juga ikut mengajari dan membimbing, misalnya kalo diaper dilepasbayi dilatih pipis di kamar mandi.
Seiring bertambahnya usia, bayi pasti akan memiliki rasa risih ataupun tidak nyaman dengan pospaknya yang membuat dia sudah enggan dipakaikan pospak, kemudian lebih memilih mengenali rasa ingin pipisnya dari pada harus pakai pospaknya.
Seperti anak saya,
Setelah masuk usia 6 bulan, dia sudah tidak pipis ketika tidur. Pokoknya kalo mata merem aja, dia nggak mungkin pipis. Malah dia sudah tidak mau pake diaper kalo malam hari. Nah untuk menyiasatinya, saat mau tidur saya bawa dia ke kamar mandi, saya ajarkan untuk pipis, setelah pipis baru tidur, begitu juga saat bangun, saya langsung bawa ke kamar mandi supaya pipis. Soalnya tiap bangun tidur langsung currrr.....
Malah memasuki usia 10 bulan, saat dia sangat senang dan selalu minta titah, tiap mau tidur dia minta pipis ke kamar mandi, merengek minta dilepas pospaknya, begitu juga setelah bangun tidur, dia langsung merangkak minta ke kamar mandi.
Jado, nggak bikin bodo kan??? Anak saya pake diaper sejak bayi malah pinter sendiri tuh...

Alat kelamin lecet
Kulit lecer itu biasanya karena terlalu sering bergesekan dengan bahan kasar, tapi bahan untuk pospak, lembut koq, nggak mempengaruhi lecet atau enggaknya. paling parah yha ruam popok yang sampai lecet, itu biasanya karena ada zat kimia yang tidak cocok untuk kulit si bayi, misalnya bayi A cocok pake Happy Nappy, tapi tidak cocok pake Mamy Poko, atau Bayi B sebaliknya.... hal ini wajar saja koq, tergantung kulit si bayi. Kalo anak saya si, semua jenis pospak cocok.

Tidak sehat dan aman untuk bayi
Memang yang namanya pospak pake bahan pengawt dan bahan kimia lainnya. Kebanyakan ada yang mengalami ruam popok, kalo terjadi demikian, pakela cream untuk ruam popok, kemudian ganti merk pospaknya. Tapi pemakaian pospak kan tidak akan berlangsung bertahun, jadi selama bayi tidak bermasalah dengan pospaknya, insya allah kulit bayi juga bayi akan tetep sehat dan aman menggunakan pospak.

Sepertinya itu dulu share tentang pengalaman saya. Semoga membantu dan bila ada yang merasa artikel ini kurang tepat dengan yang terjadi pada anda, saya mohon maaf, karena artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar